www.untag-banyuwangi.ac.id – Pandemi belum usai, tahun akademik 2020/2021 segera dimulai. Maka pelaksanaan Orientasi Program Studi dan Pengenalan Kampus (OPSPEK) bagi mahasiswa baru di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi akan dilaksanakan secara online. Masa pendaftaran mahasiswa baru di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi tahun akademik 2020/2021 akan berakhir. OPSPEK akan menjadi penanda, mahasiswa baru segera memasuki dunia perkuliahan.
Meski OPSPEK di tengah pandemi ini dilaksanakan secara daring/online, tetapi akan diwarnai dengan kreativitas. Seperti yang disampaikan Ketua OPSPEK 2020 sekaligus Kepala Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Untag Banyuwangi, Yusmia Widiastuti, S.P.,M.M, panitia OPSPEK telah merencanakan akan menggelar kegiatan ini secara online, tetapi penuh dengan kreativitas sehingga tidak membuat mahasiswa baru menjadi bosan untuk mengikuti kegiaitan yang akan digelar mulai tanggal 24 – 26 September 2020 ini. “Mahasiswa baru akan mendapat tambahan wawasan dari pemateri internal, dan eksternal yaitu Kapolres dan Kepala BPBD” kata Yusmia.

Sementara narasumber internal yang akan menyapa mahasiswa baru yaitu Rektor, Wakil Rektor, Ka Puspaka, dan salah satu dosen fakultas hukum. “Materi yang akan disampaikan pada mahasiswa tetap sesuai dengan arahan Kemendikbud berdasarkan Pedoman PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) yang telah ditetapkan secara nasional” tambah Yusmia.

Di Untag Banyuwangi, mahasiswa baru juga akan mendapat tugas sebagai feedback keikutsertaan mereka dalam OPSPEK 2020.”Tugas-tugas yang wajib dikupulkan tidak hanya tugas formal, tetapi disesuaiakan dengan situasi saat ini yang memanfaatkan sosmed dan teknologi, seperti membuat membuat resume, membuat video, bahkan ada kompetisi tiktok, sehingga mahasiswa merasakan OPSPEK di Untag Banyuwangi seru dan berkesan” jelasnya.

X