Untag Banyuwangi tetap menggelar event tahunan Untag Banyuwangi Fiesta, memasuki tahun kelima dalam kondisi pandemi covid-19. Di tengah himpitan korona Untag Banyuwangi mencoba merdeka dan terus berkreasi. Untag Banyuwangi Fiesta kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 90% kegiatan dan lomba-lomba dilaksanakan dengan sistem virtual, mulai dari temu teknik, penjurian, bahkan pengumuman pemenang, juga puncak acara Untag Banyuwangi Fiesta kelima diselenggarakan secara online dan offline. Sebut Muttafaqur Rohmah sebagai ketua panitia UBF kelima membuka sambutan pada puncak acara UBF Kamis lalu.

Pihaknya menyatakan meski dalam kondisi pandemi lebih dari 500 peserta mengikuti lomba dan kegiatan yang diselenggaran oleh Unit-unit Kegiatan Mahasiswa. Antusiame masyarakat Banyuwangi bahkan luar Banyuwangi se-Karisidenan Besuki amat luar biasa. Dari sekian banyak Unit Kegiatan Mahasiswa yang tidak bisa mengikuti hanya voli dan futsal, karena memang kondisi tidak memungkinkan untuk melaksanakan lomba voli dan futsal secara virtual. Namun di sisi lain masih banyak UKM lainnya yang mampu melaksanakan kegiatan ataupun lomba di tengah kondisi serba terbatas, seperti halnya ke-13 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang tetap melaksanakan lomba dan kegiatannya.

  1. UKM Pramuka dengan Lomba Pidato Kepramukaan
  2. UKM Paduan Suara dengan Untag Virtual Voice
  3. UKM Mahapalus dengan Mahapalus Photo Contes
  4. UKM Tari dengan Make Up Challenge
  5. UKM Musik dengan Festival Karya Cipta Lagu
  6. UKM Silat dengan Pencak Silat Tournament TGR 2021
  7. UKM Multimedia dengan Lomba Reportase “Melawan Covid-19”
  8. UKM Literasi dengan Lomba Menulis Surat Untuk Bupati
  9. UKM Kewirausahaan dengan Lomba Inovasi Produk
  10. Kompetensi Akuntansi dan Pasar Modal
  11. Kompetensi Perpajakan
  12. Bedah Pementasan oleh UKM Teater
  13. Pencarian dan Pemilihan Duta Kampus Untag Banyuwangi

Rektor Untag Banyuwangi; Andang Subaharianto menyatakan bahwa Untag Banyuwangi Fiesta di tahun kelimanya ini adalah kreatif berkompetisi, yang mengawinkan perkembangan teknologi dan kreativitas manusia. Melihat animo masyarakat cukup tinggi adalah bukti bahwa Untag Banyuwangi Fiesta masih selalu dinanti, bahkan dalam kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Andang menambahkan Untag Banyuwangi Fiesta adalah persembahan Untag Banyuwangi untuk Kabupaten Banyuwangi dalam rangka ikut mendorong kreativitas anak bangsa di Banyuwangi khususnya dan secara umum bangsa Indonesia, sebab tujuan diadakannya Untag Banyuwangi Fiesta selain adu kreasi mahasiswa Untag Banyuwangi adalah sebagai ajang silaturahmi dan edukasi bagi masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya. Andang juga menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang peserta yang ikut berpartisipasi dalam UBF kali ini bahwa tidak penting menjadi juaranya, tetapi yang paling penting adalah semua telah menganyam kegiatan berkreasi, menang kalah dalam sebuah lomba adalah hal yang lazim, yang menang  biasa saja, yang belum menang pun biasa saja, yang kalah bisa jadi pemenang tidak harus di Untag Banyuwangi Fiesta, tapi menjadi pemenang dalam kehidupan, imbuhnya menutup serangkaian kegiatan Untag Banyuwangi Fiesta yang kelima. Andang juga berterima kasih kepala seluruh pihak yang membantu terselenggaranya UBF 5 ini, PLN, MF Grup, telkomsel, kopi lucky day, biznet, bunglon, navagreen, Mayoora dan semua yang tidak bisa disebutnya satu persatu.

Bupati Banyuwangi; Ipuk Fiestiandani secara khusus menyampaikan selamat dan sukses untuk seluruh peserta dan pemenang lomba juga panitia dalam rangka Untag Banyuwangi Fiesta yang kelima. Ipuk juga menyatakan semua lomba dalam rangka UBF keren dan luar biasa, sangat menarik dan istimewa, dalam kondisi pandemi masih bisa bergerak dan berprestasi, dan semoga Untag Banyuwangi Fiesta terus ada dan bisa menjadi ajang dan wadah kreativitas tanpa batas yang menginspirasi masyarakat Banyuwangi.

 

 

 

X