Untag Banyuwangi — Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) melakukan sosialisasi Undang – Undang No 5 tahun 1999 di Auditorium Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi (Untag Banyuwangi).

Hadir sebagai narasumber Saidah Sakwan, MA yang memaparkan tentang larangan praktik monopoli dan persaingan tidak sehat. “Misi KPPU mewujudkan persaingan  usaha yang sehat melalui pencegahan dan penindakan, internalisasi nilai-nilai persaingan usaha, dan penguatan kelembagaan” ujarnya.

Tugas utama KPPU adalah, penegakan hukum, advokasi kebijakan, pengendalian merger, dan pengawasan kemitraan. Menurut Saidah, Monopoli masih diperbolehkan dengan penunjukkan lembaga tertentu (khususnya BUMN) oleh negara untuk memonopoli sektor tertentu sepanjang tidak mengekspoitasi konsumen.

Narasumber kedua, Dendy Rakhmad Sutrisno yang saat ini menjabat sebagai Ketua perwakilan Daerah (KPD) Surabaya memberikan materi seputar Kasus Persaingan Usaha yang sehat dan cara-cara untuk menghadapi persaingan usaha. Sementara itu, dosen perwakilan Fakultas Ekonomi, Agus Riyanto, MM memaparkan tentang potensi Banyuwangi yang sangat berkembang di segala sektor. Tantangan dunia usaha menurut Agus adalah belum meratanya perluasan usaha kerakyatan, kegiatan bisnis yang terjadi masih berputar di usaha yang besar,  perusahaan yang sudah mapan melakukan upaya bersama dalam membesarkan usaha kerakyatan, dan  regulasi yang sudah ada lebih diawasi untuk kepentingan usaha kerakyatan untuk meningkatkan kesejahteraan. Sebagai penutup pemateri terakhir, Wahyudi Ikhsan, S.H.,M.M dosen Fakultas Hukum memberikan materi tentang tata cara penanganan persaingan usaha dari sudut pandang hukum. “Apabila terdapat pelanggaran persaingan usaha hal yang dapat dilakukan adalah melaporkan kepada polisi, melakukan gugatan di pengadilan, atau melaporkan ke KPPU” jelasnya.

Dalam sambutan selamat datang, Rektor Untag Banyuwangi mengatakan, KPPU adalah lembaga negara yang mendapat tugas dari negara untuk menjamin terciptanya pertumbuhan perusahaan secara adil dalam rangka keadilan sosial. Harapannya KPPU menjadi tindak lanjut kerja yang lebih konkret. Baik untuk pembelajaran mahasiswa atau riset, bahkan pengabdian pada masyarakat.”Dalam kesempatan mendatang diharapkan ada MoU antara KPPU dan Untag Banyuwangi ” tegasnya.

 

 

X