untag banyuwangi — Fakultas Hukum (FH) Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi  menyelenggarakan Sosialisasi Pilkada Jawa Timur 2018 “Sebagai Pendidikan Politik dan Demokrasi Pemilih Pemula dan Pemilih Muda” dengan menghadirkan tiga narasumber berkompeten. Mereka adalah Dewinta Hayu Sinta, S.P.,M.Si  – KPU Jawa Timur, Dr. Siti Marwiyah. S.H, M.H – Wakil Rektor I Universitas Dr Soetomo Surabaya, dan Rudi Mulyanto. S.H., M.Kn Dekan FH Untag Banyuwangi.

Sebelum paparan dimulai, Dewinta Hayu Sinta diberi kesempatan untuk memberikan sambutan.  Dewinta menyampaikan tujuan KPU menyelenggarakan sosialisasi untuk menginformasikan adanya pemilihan, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara baik dan benar serta berpartisipasi aktif. “Partisipasi tidak hanya datang ke TPS, tetapi juga ikut serta dalam tahapannya, misalnya mengecek apakah sudah masuk dalam daftar pemilih atau belum” kata Dewinta. Lebih lanjut Dewinta mengatakan, masyarakat juga dapat terlibat secara kelembagaan dengan menjadi pengawas pemilu.

Sosialisasi yang dihadiri oleh 200 mahasiswa itu dibuka oleh Rektor. Dalam kata sambutannya, Rektor Untag Banyuwangi Drs. Andang Subaharianto,M.Hum mengatakan sangat menyambut baik kegiatan itu karena bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa. Mereka adalah sasaran sosialisasi dari pemilih pemula. Untuk itu mahasiswa perlu menyadari dan mengerti Pemilihan umum yang sebentar lagi dilaksanakan yaitu Pemilihan Gubernur yang akan menjadi moment penting bagi masyarakat Jawa Timur.

Rektor berharap informasi dari sosialisasi ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi juga keluarga, dan lingkungan sekitarnya sehingga partisipasi pemilu di Indonesia meningkat. “Jika sosialisai baik dan dapat diterima dengan baik, kesadaran memilih menigkat, maka akan dihasilkan pemilu yang berkualitas” tegas Andang

Penyampaian materi diawali oleh KPU Jatim Dewinta Hayu Sinta tentang Pilkada Serentak tahun 2018. Pemateri kedua Dr. Siti Marwiyah. S.H, M.H Wakil Rektor I Univ Dr Soetomo Surabaya meminta agar pemilih dapat memanfaatkan hak pilihnya  “Satu suara, satu kemajuan untuk jatim”katanya. Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Rudi Mulyanto, S.H.,M.Kn mengupas tentang peran mahasiswa sebagai pemilih pemula, harus sudah mengerti arti pentingnya memilih. (humas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X