Kemeriahan Malam Inagurasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi tahun ini terasa berbeda. Tidak hanya menjadi malam puncak pelaksanaan Orientasi Program Studi dan Pengenalan Kampus (OPSPEK) 2018. Tetapi juga memberi ruang kreatifitas bagi warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Banyuwangi. Disela penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Untag Banyuwangi, warga binaan yang tergabung dalam Band Kapox dan Angklung Jeruji itu tiba di halaman Kampus Merah Putih. Mereka kompak mengenakan kostum yang sama, pihak Lapas sangat mempersiapkan penampilan Band Kapox dihadapan mahasiswa baru dan civitas akademik Untag Banyuwangi.

Vokalis Band Kapox secara bergantian membawakan beberapa lagu Banyuwangi serta pop etnik dengan diiringi gamelan angklung jeruji. Mereka sukses membuat mahasiswa baru, tamu undangan dan penonton ikut bernyanyi dan bergoyang menikmati alunan musiknya. Lagu Gebyar-gebyar menjadi penutup tampilan mereka malam itu. Seluruh artis Band Kapox mengajak penonton menyanyikan lagu yang membangkitkan semangat itu dilantunkan bersama-sama. Kepala Lapas, Rektor, dan Ketua Dewan Kehormatan PERPENAS juga turut diundang ke atas pentas. Panggung inagurasi menjadi sangat berkesan dengan penampilan warga binaan.

Rektor Untag Banyuwangi, Drs. Andang Subaharianto,M.Hum mengatakan, pada OPSPEK tahun ini selain mengundang Agnes Serfozo untuk memotivasi mahasiwa agar lebih mencintai dan melestarikan budaya lokal. Puncak penutupan OPSPEK dengan menggelar Malam Inagurasi menghadirkan kelompok musik kolaborasi Band Kapox dan Angklung Jeruji dari Lembaga Permasyarakatan. “Warga binaan di Lapas juga bisa berkreativitas. Kita sebagai akademisi harus memberikan apresiasi terhadap karya warga Lapas” ujarnya.

Sementara itu. Kepala Lapas Banyuwangi, Ketut Akbar Herry Achjar yang juga hadir di Untag Banyuwangi menyampaikan, Kuwung Jeruji Kreatif ini adalah kolaborasi Band Kapox dan Angklung Jeruji yang bertujuan untuk pembinaan warga binaan lapas.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X